Raja


Semua Raja adalah keturunan Raja

Kalimat itu aku dapatkan dari temenku yang seorang dalang. Hmm, tepatnya mantan dalang, secara dia jadi mandor di perusahaan jamu sekarang😀

Setiap raja di Jawa, yang meskipun sebelumnya dikisahkan hanyalah seorang gembala atau pengembara, namun jika ditelusuri garis keturunannya, maka akan didapatkan bahwa dia juga keturunan raja.

Jaka Tingkir atau Mas Karebet adalah raja Pajang dengan gelar Sultan Hadiwijaya, tapi kalo di tipi Indonesia dikisahkan kayak orang mbambung, kesana-kemari kerjanya tawuran dan rebutan cewek. Karebet sebenarnya adalah putra Kebo Kenanga, cucu dari Ratu Pambayun, keturunan dari Kertabumi sang raja Majapahit.

Ken Arok, raja Singhasari pertama, sampai saat ini aku masih belum menemukan silsilahnya. Hanya dapat referensi bahwa Ken Arok adalah putra dari Pendeta Bhatara Brahmana yang bernama Gajah Para. Lha kalo bukan keturunan raja, berarti statemen temenku itu salah dong😦

Raja Jawa kalahnya dengan perang saudara

atau istilah temenku itu: “wong jowo kalahe karo wong jowo”

Dari berbagai sejarah, kehancuran suatu kerajaan di Jawa disebabkan oleh perpecahan secara internal. Meski kerajaan itu sangat berjaya, bisa mengalahkan dan mempeluas daerah kekuasaannya, tapi akhirnya hancur sendiri dari dalam.

Kerajaan Kahuripan yang sempat memperluas wilayahnya, harus dipecah menjadi Jenggala dan Kediri, yang akhirnya keduanya musnah karena perang saudara.

Majapahit yang wilayahnya mencakup melebihi nusantara, juga hancur karena perang saudara, yang dikenal sebagai perang Paregreg.

Demak juga hancur karena perang saudara, antara keturunan Sultan Trenggana dan Sekar Seda Lepen.

Mataram baru juga hancur karena perpecahan. Pada tanggal 13 Februari 1755, dibuat perjanjian Gianti yang memecah Mataram menjadi 2, yaitu Yogyakarta dan Surakarta.

Jadi, beware dengan perang saudara.

*dari berbagai sumber*

http://www.jawapalace.org/subkasunanan.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Erlangga

http://map-bms.wikipedia.org/wiki/Ken_Angrok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s